Contoh RPP IPS


RPP

Nama sekolah               :    SMPN 4 Tarogong Kidul
Mata Pelajaran              :    IPS
Kelas/Semester            :    VII / I
Alokasi Waktu               :    2 X 40’                                  :
Standar Kompetensi      :    Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar         :    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukkan dan   dampaknya terhadap kehidupan
Materi Pembelajaran      :            Tenaga Endogen dan Eksogen
Metode Pembelajaran    :            Cooperatif Learning
Teknik Pembelajarn       :            Diskusi, tanya jawab
Skenario Pembeljaran    :
No
Langkah Pembelajaran
Aspek
Alokasi Waktu
Kooperatif
Problem Solving
Pertanyaan Tingkat Tinggi
Karya siswa
1.
A. Introduction
·         Perkenalan, menjelaskan maksud dan tujuan
·         Mendeskripsikan proses alam endogen dan eksogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
·         Mendeskripsikan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan
·         Mengidentifikasikan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya





10’
2.
B. Connection
·         Anak diminta untuk menceritakan keadaan alam yang mereka lihat sepanjang perjalanan dari rumah ke sekolah
·         Guru menjelaskan materi
·         Tanya jawab tentang kenampakan permukaan bumi




10’
3.
C. Aplication
·         Siswa dibagi menjadi delapan kelompok
·         Guru membagikan amplop pada setiap kelompok yang berisi gambar-gambar yang relevan dengan materi dan menjelaskan cara-cara menjelaskannya
·         Siswa membuka dan melihat isi amplop, kemudian memilah fenomena-fenomena alam mana yang diakibatkan oleh tenaga endogen dan tenaga eksogen
·         Kemudian siswa menempelkan hasil diskusinya dilembar kerja
·         Siswa menempelkan hasil kerjanya di dinding kelas, kemudian masing-masing kelas berkunjung pada kelompok lain unuk memberikan koreksi dan komentar. Selanjutnya siswa duduk kembali ke tempat masing-masing
·         Guru mmeemberikan penilaian teradap hasil kerja siswa




30’
4.





D. Reflection
·         Mengambil hikmah dari kegiatan belajar mengajar dan mngaitkan dengan materi
·         Siswa memahami proses pembentukan permukaan bumi
·         Siswa memahami dampak dari keanekaragaman bentuk permukaan bumi terhadap kehidupan manusia




10’
5.
E. Ealuation/Extention
·         Siswa diberi tugas secara kelompok untuk menndiskusikan lembar kerja yang diberikan oleh guru




20’
6.
Penutup/Kesimpulan







Sumber Bahan :   - Buku Pelajaran yang relevan
                          - Gambar-gambar yang relevan

Mengetahui,
Kepala SMPN 4 Tarogong Kidul




Asep Ginanjar, S.Pd
Garut, 7 Desember 2009
Guru Mata Pelajaran




Team Teaching



LEMBAR KERJA / LEMBAR TUGAS SISWA
Diskusikanlah pertanyaan di bawah ini bersama kelompokmu!
·           Sebutkan peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi pada saat terjadi erosi.....
·           Di indonesia sering terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi. Agar kita dapat  terhindar dari bencana tersebut, apa langkah-langkah cepat yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan diri pada saat terjadi gempa?
·           Jelaskan upaya-upaya untuk menanggulangi dampak negatif dari tenaga endogen dan eksogen!