RPP
Nama sekolah : SMPN 4
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII/ II
Alokasi Waktu : 2 X 40’
Tema : Proses terbentuknya NKRI dan lembaga-lembaga tinggi Negara :
Standar Kompetensi : Memahami usaha persiapan kemerdekaan
Memahami pranata sosial
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya NKRI
Mendeskripsikan pranata social dalam kehidupan masyarakat
Materi Pembelajaran : Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pembentukkan kelengkapan kenegaraan
Pengertian dan tipe-tipe pranata sosial
Metode Pembelajaran : Cooperatif Learning
Teknik Pembelajarn : Diskusi, tanya jawab
Skenario Pembeljaran :
No | Langkah Pembelajaran | Aspek | Alokasi Waktu | |||
Kooperatif | Problem Solving | Pertanyaan Tingkat Tinggi | Karya siswa | |||
1. | A. Introduction · Perkenalan, menjelaskan maksud dan tujuan · Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi · Menjelaskan secara singkat syara-syarat sebuah Negara dan lembaga-lembaga tinggi negara | | | | | 10’ |
2. | B. Connection · Anak diminta untuk menceritakan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi · Guru menjelaskan materi · Tanya jawab mengenai materi | | | | | 15’ |
3. | C. Aplication · Siswa dibagi menjadi sembilan kelompok · Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok dan menjelaskan prosedur pengerjaannya · Siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan oleh guru secara berkelompok dengan cara berdiskusi dalam kelompok masing-masing · Kemudian siswa menempelkan hasil diskusinya dilembar kerja · Siswa menempelkan hasil kerjanya di dinding kelas, kemudian masing-masing kelas berkunjung pada kelompok lain unuk memberikan koreksi dan komentar. Selanjutnya siswa duduk kembali ke tempat masing-masing · Guru mmeemberikan penilaian teradap hasil kerja siswa | | | | | 25’ |
4. | D. Reflection · Mengambil hikmah dari kegiatan belajar mengajar dan mengaitkan dengan materi · Siswa memahami peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan terbentuknya pranata social negara · Siswa memahami peran pranata social dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | | | 15’ |
5. | E. Ealuation/Extention · Siswa diberi tugas secara individu untuk mengerjakan soal dari guru | | | | | 15’ |
6. | Penutup/Kesimpulan | | | | | |
Sumber Bahan : - Buku Pelajaran yang relevan
Mengetahui, Kepala SMPN 4 Asep Ginanjar, S.Pd | Garut, 12 Februari 2010 Guru Mata Pelajaran Team Teaching |
LEMBAR KERJA / LEMBAR TUGAS SISWA
Diskusikanlah pertanyaan di bawah ini bersama kelompokmu!
· Mengapa kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945?
· Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, PPKI kemudian mengadakan beberapa kali persidangan menghasilkan berbagai keputusan penting seputar pembentukan NKRI, sebutkan apa saja hasil sidang-sidang tersebut!
· Sebutkan tipe-tipe pranata social!