Contoh RPP IPS 2


RPP

Nama sekolah               :    SMPN 4
Mata Pelajaran              :    IPS
Kelas/Semester            :    VIII/ II
Alokasi Waktu               :    2 X 40’
Tema                           :    Proses terbentuknya NKRI dan lembaga-lembaga tinggi Negara            :
Standar Kompetensi      :    Memahami usaha persiapan kemerdekaan
                                        Memahami pranata sosial
Kompetensi Dasar         :    Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya NKRI
                                        Mendeskripsikan pranata social dalam kehidupan masyarakat
Materi Pembelajaran      :            Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pembentukkan kelengkapan         kenegaraan
                                        Pengertian dan tipe-tipe pranata sosial
Metode Pembelajaran    :            Cooperatif Learning
Teknik Pembelajarn       :            Diskusi, tanya jawab
Skenario Pembeljaran    :
No
Langkah Pembelajaran
Aspek
Alokasi Waktu
Kooperatif
Problem Solving
Pertanyaan Tingkat Tinggi
Karya siswa
1.
A. Introduction
·         Perkenalan, menjelaskan maksud dan tujuan
·         Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi
·         Menjelaskan secara singkat syara-syarat sebuah Negara dan lembaga-lembaga tinggi negara






10’
2.
B. Connection
·         Anak diminta untuk menceritakan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi
·         Guru menjelaskan materi
·         Tanya jawab mengenai materi




15
3.
C. Aplication
·         Siswa dibagi menjadi sembilan kelompok
·         Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok dan menjelaskan prosedur pengerjaannya
·         Siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan oleh guru secara berkelompok dengan cara berdiskusi dalam kelompok masing-masing
·         Kemudian siswa menempelkan hasil diskusinya dilembar kerja
·         Siswa menempelkan hasil kerjanya di dinding kelas, kemudian masing-masing kelas berkunjung pada kelompok lain unuk memberikan koreksi dan komentar. Selanjutnya siswa duduk kembali ke tempat masing-masing
·         Guru mmeemberikan penilaian teradap hasil kerja siswa




25
4.





D. Reflection
·         Mengambil hikmah dari kegiatan belajar mengajar dan mengaitkan dengan materi
·         Siswa memahami peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan terbentuknya pranata social negara
·         Siswa memahami peran pranata social dalam kehidupan berbangsa dan bernegara




15
5.
E. Ealuation/Extention
·         Siswa diberi tugas secara individu untuk mengerjakan soal dari guru




15
6.
Penutup/Kesimpulan







Sumber Bahan :   - Buku Pelajaran yang relevan
                         

Mengetahui,
Kepala SMPN 4




Asep Ginanjar, S.Pd
Garut, 12 Februari 2010
Guru Mata Pelajaran




Team Teaching



LEMBAR KERJA / LEMBAR TUGAS SISWA
Diskusikanlah pertanyaan di bawah ini bersama kelompokmu!
·           Mengapa kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945?
·           Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, PPKI kemudian mengadakan beberapa kali persidangan menghasilkan berbagai keputusan penting seputar pembentukan NKRI, sebutkan apa saja hasil sidang-sidang tersebut!
·           Sebutkan tipe-tipe pranata social!